Cara Kerja Injektor Diesel

Hai,..Salam Sapa dari saya, Kali ini saya akan membahas tentang Cara Kerja Injektor Diesel.Injector pada mesin diesel berfungsi untuk mengisi bahan bakar diesel ke mesin diesel atau kompresi mesin pengapian. Bahan bakar ini langsung disuntikkan ke dalam mesin dengan bantuan Injector yang melekat pada silinder dari mesin diesel.
Cara Kerja Injektor Diesel dengan sistem penyuntikan bahan bakar ini pada dasarnya terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan dengan komponen sebagai berikut =

Injector Nozzle

1.       Alat Fuel injection (nozzle dan holder nozzle).
2.       Jalur suplai bahan bakar.
3.       Katup Air-intake.
4.       Mesin diesel katup buang.

Fungsi dari bagian-bagian dari injector diesel adalah sebagai berikut:
Peralatan untuk injeksi bahan bakar: Setiap silinder dari mesin kompresi pengapian terhubung ke injektor bahan bakar dan oleh karena itu masing-masing silinder memiliki jalur suplai diesel sendiri yang membawa bahan bakar diesel dari tangki bahan bakar ke dalam block mesin. Injektor bahan bakar terdiri dari nozzle dan pemegang nozzle.

1.       Saluran Bahan Bakar : Setiap silinder mesin diesel memiliki jalur suplai bahan bakar sendiri yang membawa bahan bakar tersebut dari tangki ke dalam block mesin.

2.       Katup intake: Peran katup intake adalah untuk menghisap udara ke dalam ruang pembakaran. udara menyatu dengan bahan bakar sehingga memperkuat pembakaran.

3.       Diesel engine exhaust valve: Ini memainkan peran penting menghilangkan emisi yang dihasilkan oleh ruang bakar diesel.


Setelah bahan bakar masuk kedalam injector, kemudian terjadi tekanan yang sangat tinggi. Tekanan ini diciptakan oleh pompa kecil yang terhubung dengan injector. pompa kecil ini memungkinkan udara untuk melewati injektor, akibatnya akan terjadi penekanan bahan bakar. Bahan bakar bertekanan tinggi ini masuk dan mengalir ke holder nozzle dan akhirnya ke bagian nozzle. Sebuah injektor diesel memiliki katup jarum yang sangat terkait dengan per yang terletak di tubuh injektor. Mur kompresi menekankan per untuk menghasilkan tekanan pegas dan tekanan pembukaan injector secara bersamaan.

Setelah katup jarum terbuka, bahan bakar disemprotkan oleh injektor diesel melalui nozzle kecil yang terletak di dalam ruang bakar silinder mesin. Cluster lubang kecil di nozzle memastikan pemerataan ke dalam ruang bakar silinder. Lubang-lubang kecil yang dirancang khusus dan diatur untuk memecah bahan bakar menjadi tetes kecil sehingga mereka dapat terbakar dengan mudah.

Selanjutnya, katup intake udara membawa udara ke ruang bakar dan akan dikombinasikan dengan bahan bakar menjadi kental sehingga mengintensifkan proses pembakaran. Sekarang bahan bakar mesin katup buang menghilangkan emisi yang dihasilkan oleh ruang pembakaran bahan bakar. Saluran kembali bahan bakar menghilangkan bahan bakar diesel yang kelebihan dengan membawa kembali ke tangki bahan bakar dari ruang pembakaran bahan bakar.

Ruang Pembakaran Pada Mesin Diesel

Ini adalah bagaimana kompleksnya Cara Kerja Injektor Diesel. injector diesel dikenal sebagai elemen yang paling rumit dari bagian manapun di mesin diesel. Ia memiliki kemampuan untuk bertahan pada tekanan yang tinggi dan suhu yang panas yang dihasilkan dari dalam silinder dan memberikan bahan bakar ke silinder sehingga memastikan kelancaran fungsi dari mesin diesel yang kuat.

Setelah membaca artikel diatas dari pengertian nya kita akan mengetahui Cara Kerja Injektor Diesel yang secara tak kasat mata telah memberikan peranan pada kita pada saat berkendara khususnya dengan kendaraan yang bermesin diesel, Dengan begitu kita bisa mengerti Bagaimana Cara Menghemat Bahan Bakar Tanpa Batasan Mengemudi apabila kita selalu menggunakan kendaraan kita dengan baik. Akhir kata, Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.

3 Responses to "Cara Kerja Injektor Diesel"

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Rental Genset Syncronize Bali untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    ReplyDelete
  2. Mohon bertanya high pressure itu ada di angka berapa dan low pressure ada di angka berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak melebihi diangka 200 gan (high pressure)
      untuk low pressure tidak boleh kurang dari 150.
      hasil bisa berbeda bergantung dari nozzle yang dipakai gan.

      Delete