Cara Mengenali Engine Mounting

Cara Mudah Mengenali Engine Mounting untuk Truck Diesel


Pada pembahasan materi kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai salah satu spare part yang sangat berperan penting dalam sebuah kendaraan besar seperti truck, dan spare part yang saya maksud yaitu engine mounting atau dudukan mesin. Nah, secara logika yang namanya engine mounting (dudukan mesin) sebagian besar dari anda akan berfikir bahwa tempat dari dudukan mesin sendiri yaitu dibawah mesin sebuah kendaraan. Memang benar, Cara Mengenali Engine Mounting dan mengenai sedikit informasi yang bisa saya bagikan kali ini bahwa engine mounting dari sebuah kendaraan Truck dibagi pada dua tempat. Front Engine Mounting dan Rear Engine Mounting rada rada bule biar ngikutin bahasa baku nya dari catalog, atau dalam bahasa Indonesia nya dudukan mesin bagian depan dan bagian belakang.

Cara Mengenali Engine Mounting Truck Diesel
Salah Satu Dudukan Mesin Belakang Hino FG235
Masing masing posisi dudukan mesin terdapat 2 buah, yang depan ada 2 buah dan yang belakang pun demikian. Untuk kendaraan besar seperti truck, dudukan mesin antara yang depan dan yang belakang sangat  berbeda, bahkan dalam satu jenis merk pabrikan. Dan secara analoginya dibedakan dari jenis mesin yang dipakai.
Beberapa data dari saya mungkin bisa anda simpan, dan dibawah ini saya buatkan tabel beberapa engine mounting yang dipakai pada truk dan dibedakan dari jenis mesin yang dipakai. Dan data ini hanya beberapa dari sekian banyak data yang bisa anda cari di internet dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang saya dapatkan.
Data ini juga saya dapatkan dari beberapa merk pabrikan pembuat dudukan mesin yang ada yang saya ketahui, dan semoga bermanfaat bagi anda pengunjung artikel saya ini.

NO
NAMA BARANG
MERK
JENIS MESIN
NOMOR SERI
1
Dudukan Mesin Depan
MAKIN
HINO LOHAN / FM260
12031-2021
2
Dudukan Mesin Depan
PNE
HINO LOHAN / FM260
12031-2230
3
Dudukan Mesin Depan
PNE
MITSUBISHI 8 DC
ME 062 358
4
Dudukan Mesin Depan
TS
MITSUBISHI 8 DC
ME 062 358
5
Dudukan Mesin Depan
PNE
NISSAN PE6 / RF8
11223-Z2010
6
Dudukan Mesin Depan
JPE
Mitsubishi 6D22 / 6D40
ME 052 272



NO
NAMA BARANG
MERK
JENIS MESIN
NOMOR SERI
1
Dudukan Mesin Belakang
MAKIN
HINO LOHAN / FM260
12035-3142
2
Dudukan Mesin Belakang
GENUINE
NISSAN CK 87/ PE / PF6T / RF8
11328-Z5005
3
Dudukan Mesin Belakang
UD
NISSAN RF8
11328-00Z04
4
Dudukan Mesin Belakang
MAKIN
MITSUBISHI 6D22 / 6D40
ME 052 576
5
Dudukan Mesin Belakang
TS
MITSUBISHI 6D22 / 6D40
ME 052 576
6
Dudukan Mesin Belakang
PNE
MITSUBISHI 6D22 / 6D40
ME 052 576
7
Dudukan Mesin Belakang
MAKIN
NISSAN PF6T
11328-00Z09
8
Dudukan Mesin Belakang
TS
NISSAN RF8
11223-00Z01

Jangan lupa untuk melihat secara visual posisi 2 baud yang ada di Dudukan Mesin.

Beberapa data dalam tabel diatas adalah hasil dari pengembangan riset saya di lapangan dan data saya pada catalog dari jenis merk yang saya dapat. Secara teknis nya biasa nya ada beberapa engine mounting (dudukan mesin) yang bisa dipakai untuk jenis mesin yang berbeda pada selain yang saya jabarkan seperti diatas. Dan beberapa pengembangan yang dilakukan di lapangan adalah salah satu bagian dari beberapa pekerjaan teknisi atau mekanik yang sudah teruji.
Cara Mengenali Engine Mounting Truck Diesel
Salah Satu Engine Mounting Belakang Hino FG235



Anda juga dapat mengunjungi artikel kami yang lain, Jenis Oli Mesin Diesel 

semoga dari apa yang saya bagikan ini dapat menjadi manfaat bagi anda para pengunjung artikel saya yang sederhana ini. Tinggalkan pesan untuk kritik dan saran bagi saya agar dapat memberikan materi yang lebih baik lagi ke depan. Salam sapa hangat dari saya,






0 Response to "Cara Mengenali Engine Mounting"

Post a Comment