Oli Mesin Truk

Jenis Oli Mesin Truk

Apa kabar sahabat semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam mendapatkan rejeki. Kali ini admin ingin memberikan sedikit ilustrasi mengenai beberapa pemakaian jenis oli mesin truk pada kendaraan anda.



Baik, sebagai awal pembahasan kita akan mengupas untuk kendaraan truck dengan spesifikasi jumlah daya tampung dalam carter truck tersebut. Kita dapat mengetahui berapa cc daya tampung carter yang dimiliki oleh truck tersebut di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk truck lokal (yang kita sebut) sebagai truck yang dijual dalam keadaan baru yang secara resmi dijual melalui dealer dealer truck di Indonesia biasanya mempunyai jumlah daya tampung dibawah 10,000cc. Dan yang mungkin sering anda dengar untuk truck build up yaitu truck dengan daya tampung carter diatas 10,000cc.



Ok, sedikit demi sedikit akan admin bagikan informasi mengenai beberapa jenis oli mesin yang di rekomendasikan dipakai untuk truck berdasarkan daya tampung oli mesin pada carter =



1. Oli mesin Diesel 15W-40.
Untuk jenis oli mesin ini meskipun dari berbagai merk yang digunakan direkomendasikan untuk truck dengan daya tampung carter dibawah 10,000cc atau untuk truck local. ,Mengapa demikian? Karena oli mesin ini mempunyai tingkat kekentalan yang tidak terlalu pekat dengan dapur carter yang tak terlalu besar. Akan tetapi untuk masalah pemakaian oli mesin dengan berbagai merk yang tersedia dipasaran sebaiknya anda memakai jenis oli dengan kapabilitas yang terbaik. Karena hal ini juga berkaitan dengan durability atau ketahanan daya pakai dari mesin truck anda.

Jenis Oli Mesin 15w-40
Jenis Oli Mesin 15W-40



2. Oli mesin Diesel 20W-50
Untuk oli mesin yang satu ini mungkin anda jarang mendengarnya atau mungkin anda belum terlalu mengenal dengan spesifikasi tersebut diatas. Admin hanya sedikit mengenal oli mesin ini karena berdasarkan pengalaman admin sebelumnya. Oli mesin ini sebelumnya biasa dipakai untuk truck dengan kapasitas carter diatas 10,000cc, karena memiliki karakteristik kekentalan yang lebih pekat dibandingkan dengan oli mesin 15w-40 yang biasa dipakai pada umumnya.
Jenis Oli Mesin 20w-50
Jenis Oli Mesin 20w-50



Nah, sedikit pembahasan mengenai beberapa jenis oli mesin truk diatas mungkin bisa membantu anda dalam mencari yang sesuai dengan kapasitas carter pada truk anda. Karena ilmu yang didapat admin juga hanya berdasarkan pengalaman admin sebelumnya maka admin tidak bertanggung jawab dalam hal teknis di lapangan yang terjadi.



Sekian, dan semoga bermanfaat.

Baca juga 7 ide menghemat bahan bakar agar anda juga bisa menghemat pengeluaran anda.