7 Ide Menghemat Bahan Bakar

Kita semua sering mengeluh tentang harga bahan bakar yang fluktuatif atau tidak pasti kapan harganya naik ataupun kapan harganya turun, dan beberapa dari kita memahami perbedaan harga dari tiap – tiap SPBU di masing – masing wilayah.Hal itu dikarenakan ongkos distribusi bahan bakar yang berbeda dari pusat. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan gas mileage kami, namun, apakah kita mengendarai mobil baru atau tua. Lihatlah tips 7 Ide menghemat bahan bakar berikut ini dan anda dapat menaruh beberapa uang ekstra di saku anda.
Anda dapat menyimpan uang anda

1.       Tekanan Angin Ban.
Biasakan untuk memeriksa tekanan ban anda secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Tekanan angin menyebabkan rolling resistance yang berlebihan yang menghasilkan pembakaran lebih banyak bahan bakar. Sebaliknya, tekanan ban yang tepat akan mengurangi rolling resistance dan dapat mengefisienkan pemakaian bahan bakar.

Selalu Periksa Tekanan Angin Ban Mobil Anda Secara Rutin.

2.       Seberapa Berat Beban Anda?
Masuk akal bahwa jika kendaraan anda memuat barang-barang keperluan yang lain, mobil anda akan harus bekerja lebih keras untuk dijalankan, yang berarti bahwa itu akan mengambil lebih banyak gas untuk beroperasi. Sudah pasti akan ada saat-saat seperti ini yang tidak dapat dihindari. Tapi mungkin ada akumulasi barang-barang di dalam mobil Anda yang tidak benar-benar perlu berada di sana sepanjang waktu, seperti peralatan olahraga atau rantai ban. Meringankan beban Anda sesering mungkin dan menikmati manfaat dari penghematan bahan bakar.


3.       Perhatikan Kaki Anda.
Jika anda salah satu dari orang-orang yang suka menginjak gas untuk membuat manuver cepat, Anda mungkin tidak akan menikmati setiap penghematan bahan bakar. Cobalah untuk mempertahankan kecepatan yang lebih konsisten, dan bahkan menggunakan cruise control ketika jalan raya mengemudi. Tips 7 Ide Menghemat Bahan Bakar ini akan membantu anda untuk mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar dan bahkan mungkin dapat membuat anda selamat tiba di tempat tujuan anda dalam keadaan jauh lebih tenang.

4.       Cara Pemakaian Kendaraan Yang Halus.
Ada alasan mengapa pesawat jet dapat terbang dengan halus dan bermanuver secara leluasa diatas sana. Mereka dirancang secara khusus agar dapat bermanuver dengan cepat, dan struktur pesawat yang aerodinamis, tidak berlawanan dengan aliran udara. Prinsip yang sama juga berlaku untuk kendaraan Anda. Jika Anda menumpuk barang-barang di atap dan membuka semua jendela Anda, udara bisa "menangkap" atau masuk ke dalam mobil dan dapat menarik kendaraan Anda, memperlambatnya dan menyebabkan kendaraan bekerja lebih keras untuk menjaga kecepatan yang stabil. Sekali lagi, apa pun yang bekerja melawan efisiensi akan mengurangi penghematan bahan bakar Anda.

5.       Rencanakan Perjalanan Anda Dengan Hati-Hati.
Apakah anda tahu bahwa mobil dalam kondisi dingin membakar lebih banyak bahan bakar? Pertimbangkan untuk melakukan semua tugas anda dalam satu perjalanan daripada mengambil beberapa perjalanan yang dimulai dari kendaraan anda dalam kondisi dingin (sudah lama tidak dipanasi). Sebuah kendaraan yang hangat memberikan penghematan bahan bakar secara signifikan daripada kendaraan dalam kondisi yang dingin.

6.       Membandingkan Bahan Bakar Premium Dengan Bahan Bakar Biasa.
Banyak orang berpendapat bahwa membeli bahan bakar premium dapat meningkatkan performa mesin dan juga penghematan bahan bakar mereka. Ini sebenarnya tidak benar. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa hanya sekitar 6% dari semua kendaraan di jalan benar-benar membutuhkan bahan bakar premium. Jika produsen mobil anda tidak merekomendasikan bahan bakar premium maka berarti anda hanya membuang-buang uang Anda.

7.       Jadwal Pemeliharaan Rutin.
Merawat kendaraan anda memeliharanya secara rutin dapat membantu untuk mendukung rencana penghematan bahan bakar anda. Bahkan hal-hal kecil, seperti ban yang sudah tipis dan perlu diganti, minyak pelumas dengan kualitas yang buruk atau kabel baterai yang berkarat bisa menyebabkan mobil anda bekerja terlalu keras dan akhirnya anda mengeluarkan biaya yang tidak perlu untuk memperbaikinya.

Pemeriksaan Kendaraan Secara Rutin.

Demikian, semoga artikel mengenai 7 Ide Menghemat Bahan Bakar untuk kendaraan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Ide Menghemat Bahan Bakar"

Post a Comment