Sejarah Singkat Perjalanan DAF TRUCKS

Saat ini saya akan bercerita tentang Sejarah Singkat Perjalanan DAF TRUCKS di masa lampau yang akan kita ingat lagi dalam artikel yang saya bahas. Untuk itu, kita mulai dari DAF TRUCKS merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Belgia, yang didirikan pada tahun 1993. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari PACCAR sejak tahun 1996 dan memproduksi berbagai macam truk yang cocok untuk berbagai aplikasi dan  tujuan.
Truck Trailer DAF

Kantor pusat dan fasilitas produksi utama terletak di Eindhoven, Belanda sementara pabrik perakitan poros dan kabin diproduksi disebuah pabrik di Westerlo. Beberapa model bahkan dirancang dan diproduksi oleh perusahaan otomotif inggris, Leyland Trucks.
Meskipun DAF TRUCKS melayani kepada pasar internasional, penjualan mereka lebih signifikan di pasar eropa. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam industri otomotif meskipun merek itu sendiri didirikan belum lama ini. Inii saja masih bisa berhasil menciptakan reputasi yang kuat untuk dirinya sendiri dan mapan di pasar eropa. Produsen truk belanda telah bersaing terhadap beberapa merek terbesar di dunia tetapi telah mampu meraih pangsa pasar yang berkelanjutan. Hubert Van Doorne awalnya mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 1928 dengan Huenges, yang berperan sebagai co-founder dan investor. Van Doorne mulai dari sebuah bengkel kecil dengan bantuan saudaranya dan perlahan lahan perusahaan pun mulai terbentuk. Van Doorne Trailer Factory adalah nama yang dipilih untuk perusahaan pada tahun 1932 dan kemudian disingkat menjadi DAF TRUCKS . Pada tahun 1936, Van Doorne dan saudaranya mengambil alih penuh atas bisnis dan mulai bergerak terus pada masanya.

DAF memproduksi mobil mewah serta truk terbatas selama Perang Dunia ke Dua dan ini menjadi kesempatan besar bagi DAF TRUCKS untuk memanfaatkan nya. Untuk alasan ini, Van Doorne dan saudaranya mulai memproduksi truk, trailer dan bahkan bus pada tahun 1949 dan mengubah nama perusahaan untuk Van Doorne ini menjadi Automobile Factory. Model truk pertama yang pernah diperkenalkan oleh perusahaan ini dikenal sebagai DAF A30, yang menjadi sukses besar. Selama bertahun tahun, Hubert Van Doorne bekerja dalam rekayasa dan desain elemen inovatif untuk truknya agar memperoleh pasar. Ia sebenarnya cukup berhasil melakukannya dengan teknologi kendaraan belt-driven. Sebagai pasar yang berkembang, begitu pula perusahaan DAF itu sendiri pada tahun 1975, divisi mobil penumpang dijual ke Volvo Cars. Dan juga terjadi sebuah merger dengan Leyland Trucks yang berlangsung pada tahun 1987, yang menyebabkan ekspansi dan pertumbuhan industri otomotif dipasar Eropa. Divisi bus juga dipisahkan di tahun 1990 dan dikenal juga sebagai era meninggalkan United Bus DAF dengan hanya memasarkan truk line-up.
Karena masalah keuangan yang dihadapi oleh perusahaan pada tahun 1993, DAF TRUCKS, termasuk departemen bagian truk daf , bangkrut dan kemudian dihidupkan kembali sebagai perusahaan baru yang berbasis di Belanda sebagai hasil dari manajemen buy-out.

DAF Manufactur Plant

Pada tahun 1996, bisnis ini diakuisisi oleh PACCAR. Yang mana kembali lagi dengan Leyland Trucks pada tahun 1998 ketika PACCAR mengakuisisi divisi itu juga.
Demikian lah Sejarah Singkat Perjalanan DAF TRUCKS yang saya ketahui, mungkin dari sepintas pembahasan yang saya jabarkan terselip berbagai peristiwa yang mungkin tidak bisa saya cantumkan dalam pembahasan Sejarah Singkat Perjalanan DAF TRUCKS. Untuk itu sekiranya saya sebagai penulis hanya sedikit mengulas sedikit ilmu yang saya tahu. Dan jangan lupa untuk melihat bagaimana Sejarah Mesin Diesel terjadi untuk kita dapat dijadikan bahan referensi dalam pengetahuan.

Demikian, terima kasih.

3 Responses to "Sejarah Singkat Perjalanan DAF TRUCKS"

  1. Your blog is really up to the mark and there are some great facts there.So thanks for this really nice post.

    Leyland Truck Parts

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing nice post....

    While travelling long on your Man truck, ensure that its suspension parts are in robust condition. If they’ve failed, connect with BP Auto Spares India to get suspension spare parts.

    Man Engine Spare Parts
    Man Electrical Spare Parts
    Man Brake Spare Parts
    Man Body Spare Parts
    Man Clutch Spare Parts
    Man Suspension Spare Parts
    Man Gear Spare Parts
    Man Steering Spare Parts
    Man Propeller Shaft Spare Parts
    Man Pipes and Hoses Spare Parts
    Man Other Spare Parts

    ReplyDelete