Fungsi Kunci Roda dan Jenisnya

Jenis Kunci Roda untuk Truk

Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit mengupas, tentang salah satu alat kelengkapan dari kendaraan truk anda yang wajib dibawa dan sangat penting bagi kelancaran dalam perjalanan. Yaa, barang tersebut yaitu kunci roda truk. Alat bantu ini dapat memudahkan pengemudi truk apabila terjadi pecah ban, ban kempes, atau kejadian lain untuk melepas ban dari beberapa baud roda yang menjadi pengunci agar roda dapat berjalan.

Nah, Kunci roda truk yang banyak terdapat di pasaran atau toko spare part yaitu merk KDR. Merk ini sangat familiar dan banyak tersebar di toko – toko spare part, apabila bicara kualitas mungkin merk ini mempunyai daya tahan yang cukup lama jika dibandingkan bawaan dari pabrik truk. Bicara ukuran kunci roda, untuk truk dengan lubang pelek 8 biasanya memakai ukuran 21 x 41 ukuran ini banyak dipakai pada truk lokal. Namun akhir – akhir belakangan ini truk lokal sudah banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan seperti perubahan pemakaian pelek lubang 10 seperti truk – truk dari luar negeri atau eropa.


Kunci Roda Truk 21 x 41

Yang dimaksud dengan ukuran 21 x 41 ini karena kunci roda truk mempunyai dua sisi dengan ukuran 21 x 41, 41 digunakan pada baud roda dan mur dobel yang berada di luar. Dan untuk ukuran 21 yaitu ukuran mur yang berada di dalam tromol.

Kunci Roda 21 x 41
kunci roda 21 x 41
Kunci Roda Truk 30 x 33

Truk eropa biasanya didominasi memakai pelek dengan lubang 10, dan kunci roda yang dipakai berukuran 30 x 33. Sama juga hal nya dengan ukuran 21 x 41, untuk ukuran 33 digunakan pada mu roda yang berada di luar. Begitupun untuk ukuran 30 juga untuk membuka mur baud roda yang terdapat di dalam tromol. Pun sama dengan ukuran kunci roda truk 41 x 21, merk KDR juga menyediakan ukuran tersebut dan banyak tersebar di toko – toko spare part.

Kunci Roda 30 x 33
kunci roda 30 x 33
Dan untuk yang ketiga, kunci roda truk berukuran 30 x 32. Sepengetahuan admin, dulu kunci roda truk ini sedikit agak susah untuk mendapatkan atau mencari di toko – toko spare part pada umumnya. Karena juga sangat jarang sekali baud roda yang tertanam pada pelek dan tromol menggunakan kunci ukuran tersebut.


Kunci Roda Otomatis

Seiring perkembangan jaman, terdapat juga Kunci Roda Otomatis dengan menggunakan sistem hidrolis. Kunci Roda ini bisa dibilang semi otomatis, karena sebagai alat kelengkapan kunci roda otomatis ini sangat mudah dioperasikan dengan tidak menggunakan tenaga yang banyak seperti kunci roda konvensional seperti yang sudah dibahas diatas. Dan, kunci roda ini seperti tool kit dengan beberapa mata kunci yang biasa digunakan.
Kunci Roda Otomatis
Kunci Roda Otomatis

Baca juga toko spare part mobil di purwokerto sebagai referensi mencari kunci roda yang anda butuhkan.

Nah, sekiranya informasi tersebut diatas bermanfaat bagi anda mengenai pembahasan kunci roda truk yang hanya sedikit dapat admin sampaikan disini, dan itupun hanya berdasarkan dari pengalaman pribadi admin sebelumnya.